Beberapa Tips Keamanan dalam Bertransaksi Online

Beberapa Tips-Tips Keamanan dalam Bertransaksi Online - Indonesia telah berkembang pesat dalam hal bisnis online. Hal ini dapat kita lihat melalui banyaknya situs-situs e-commerce yang bermunculan di internet maupun forum-forum jual beli. Pasar online menawarkan berbagai macam keuntungan dan kemudahan. Namun hal ini memiliki imbas balik, yaitu masalah keamanan. Masih banyak toko-toko online masih belum memenuhi standard keamanan yang baik. Hal ini memicu pencurian data pribadi anda oleh para pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu saya ingin membagikan sedikit tips-tips keamanan dari sisi pengguna agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat anda bertransaksi online.

1. Kenali si penjual
Sebelum bertransaksi ke sebuah toko online, pastikan anda mengecek identitas dari si penjual. Biasanya ada di halaman “tentang kami”. Pastikan ada alamat dan nomor telepon yang jelas. Jika perlu telepon ke nomor tersebut dan klarifikasi identitas si penjual. Jika anda ragu, coba cari melalui Google untuk reputasi toko online tersebut, atau gunakan forum seperti Kaskus dan tanyakan apakah ada yang pernah melakukan transaksi ke toko online tersebut. Dan bisa juga tanyakan bagaimana layanan-layanannya.

2. Gunakan Live Chat sebelum bertransaksi
Saya selalu menggunakan live chat sebelum memutuskan untuk bertransaksi. Biasanya saya akan menanyakan tentang produk yang ingin saya beli. Saya ingin memastikan bahwa si penjual ini memiliki pengetahuan akan produknya. Jika dia tidak tahu tentang produk yang di jualnya maka saya tidak akan percaya dengan toko online tersebut.

3. Gunakan alamat Email yang berbeda
Saya memiliki banyak email untuk tujuan yang berbeda. Gmail, Yahoo, Live, bahkan Facebook menawarkan email gratis. Jadi saya biasanya menggunakan 1 email yang khusus untuk melakukan transaksi online yang saya bedakan dengan email pribadi, email bisnis dan email khusus finansial. Dengan demikian inbox saya bisa bersih dari penawaran-penawaran online. Dan hal ini bisa mengurangi resiko anda untuk kena spam email.

4. Gunakan Password yang berbeda dan acak
Ini merupakan hal yang terpenting, selalu gunakan password yang berbeda untuk setiap website-website yang anda kunjungi. Saya selalu menggunakan password yang acak untuk semua akun-akun saya. Untuk mengingat itu semua anda bisa menggunakan jasa layanan password reminder seperti Lastpass atau Roboform. Atau anda bisa menggunakan file excel atau Google doc untuk menyimpan password-password anda. Dan pastikan file-file tersebut anda password juga, namun password yang anda bisa ingat tentunya.

5. Hanya gunakan kartu kredit
Sebelum anda bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit, pastikan jika website tersebut memiliki SSL (secure socket layer), hal ini dapat anda lihat pada browser anda pada bagian alamat. Pastikan jika ada tulisan “https” disana. Https itu merupakan salah satu standard keamanan dimana, data anda akan di enkripsi saat bertransaksi.

6. Gunakan Antivirus
Ini merupakan salah satu standard keamanan, pastikan jika komputer anda terinstal antivirus dan selalu terupdate. Hal in dapat mengurangi resiko komputer anda terinveksi virus atau malware yang dapat mengambil data pribadi anda maupun merusak komputer anda. Dan pastikan anda tidak sembarangan download aplikasi yang bajakan dan menginstallnya pada komputer anda. Biasanya aplikasi-aplikasi tersebut memiliki virus yang tertanam didalamnya.

7. Gunakan komputer pribadi anda
Selalu gunakan komputer pribadi anda saat melakukan transaksi online. Jangan gunakan komputer umum ataupun komputer yang ada di warnet. Sebab anda tidak tahu ada aplikasi apa saja yang tertanam didalamnya. Ini merupakan tindakan pencegahan dini yang bisa anda lakukan.

8. Jangan gunakan Public Wifi untuk bertransaksi
Koneksi wifi umum juga berbahaya, karena semua aktivitas yang anda lakukan dalam jaringan tersebut dapat di rekam oleh si pengelola jaringan. Jika website yang anda kunjungi tidak menggunakan https, maka semua data anda seperti email, password, bio data dapat dilihat oleh administrator jaringan. Dan jika administrator nya tidak bertanggung jawab, data anda tersebut dapat digunakan untuk kepentingankepentingan yang merugikan anda. Jadi saya sarankan jika anda menggunakan public wifi, lakukanlah hanya untuk browsing dan mendapatkan informasi saja. Anda bisa melakukan transaksi online jika anda sudah merasa jaringan yang anda gunakan sudah aman.

9. Jangan percaya dengan tawaran yang menggiurkan
Ada banyak-banyak sekali penipuan yang dilakukan di internet. Biasa nya si pelaku memberikan tawaran yang menggiurkan. Sebagai contoh harga produk yang setengah dari harga pasar. Hal ini patut di curigai, apalagi saat anda berusaha menghubungi nya melalui chat maupun email, mereka dapat “merayu” anda dengan segala macam teknik untuk melakukan transaksi. Dan pada akhirnya barang atau produk nya tidak pernah dikirimkan kepada anda. Jadi hati-hati terhadap penipuan dengan modus ini. Sebaiknya jika ada tawaran seperti ini, tidak usah di percaya dan di perdulikan.

10. Pastikan ada Garansi dan Aturan
Sebelum anda bertransaksi online tertentu, pastikan anda membaca peraturan-peraturan dari website tersebut sebagai contoh garansi dari produk dan aturan pengembalian. Pastikan anda mengerti dan setuju dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh si penjual. Jika tidak ada informasi tersebut, saya sarankan tinggalkan website tersebut dan cari di website lainnya. Atau anda bisa menanyakan nya kepada si penjual, namun minta mereka untuk mengirimkan pernyataan tertulis melalui email. Hal ini bertujuan untuk melindungi anda sebagai pembeli. Ada banyak toko online yang dapat di percaya dan memiliki pelayanan yang bagus, namun banyak pula yang tidak. Semoga tips-tips yang saya
berikan dapat anda gunakan untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan saat bertransaksi online.

Oleh: Ivan Kristianto
Ivan Kristianto adalah praktisi teknologi informasi dan saat ini menjabat sebagai Chief Information Officer PT. Suntech Inti Perkasa.

5

Anda baru saja selesai membaca artikel di EpulJapanese Blog yang berjudul: Beberapa Tips Keamanan dalam Bertransaksi Online

dengan URL: http://epuljapaneseblog.blogspot.com/2013/03/tips-keamanan-bertransaksi-online.html

Apabila anda menyukai artikel ini atau merasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini di Facebook, Google+ dan Twitter anda dengan meng-klik tombol-tombol Share yang ada diatas postingan ini.

Dapatkan artikel EpulJapanese Blog terbaru langsung ke email anda. Silahkan masukkan alamat email anda:

Related Post

1 comments:

Jefan said...

tips yang sangat bermanfaat sob, terimakasih sudah share

Post a Comment

Blog Stats

Recent Comments

Google+ Followers

Copyright © 2010-2012 EpulJapanese Blog | Privacy Policy | Design Free Blogger Template