PTP24 Banner

Beberapa Istilah dalam Twitter dan Penjelasannya

Beberapa Istilah-istilah di dalam Twitter - Facebook dan Twitter adalah media social yang sangat tren yang paling banyak digunakan, para pendaftar baru pun sangat banyak sekali. Disini saya mau menjelaskan beberapa istilah-istilah di dalam Twitter, mungkin bagi yang baru mendaftar di Twitter belum begitu paham istilah-istilah dalam Twitter.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai istilah-istilah yang akan sering anda temui di Twitter:

1. Handle: Handle adalah nama twitter-mu. sebagai contoh, handle saya adalah @epuljapanese.

2. Tweet: Tweet adalah pesan sepanjang 140 karakter. apabila di facebok dikenal istilah 'Status Update', maka Twitter menggunakan istilah 'Tweet' dengan maksud yang sama. Tweet dapat diartikan sebagai kata kerja atau kata benda.

3. Follower: Jika di Facebook menggunakan istilah 'Friends', maka Twitter menggunakan istilah 'Follower'. Ada sedikit kemiripan, namun kedua hal tersebut adalah berbeda. jika di Facebook anda menambah friends dengan menggunakan konfirmasi satu sama lain, maka di Twitter tidak menggunakan konfirmasi. Jika anda ingin melihat tweet seseorang, maka anda dapat memfollow orang tersebut, namun orang tersebut tidak menyadari bahwa anda memfollownya kecuali jika dia mengecek daftar followernya. Begitu juga sebaliknya.

4. Tweeps: Tweeps adalah istilah yang digunakan untuk orang yang saling memfollow satu sama lain. istilah ini juga sering digunakan untuk menyebut semua orang yang memfollow pengguna twitter tersebut.

5. Retweet (RT): Retweet adalah istilah yang digunakan apabila menge-tweet ulang tweet yang telah dipost orang lain. Retweet ini dapat dilihat oles siapapun yang memfollow anda.

6. @mention: Mention adalah cara yang paling umum digunakan dalam twitter untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna twitter. jika anda mengirimkan pesan kepada orang lain dengan menggunakan mention, maka pesan anda akan muncul dalam bagian @mention di Twitter-nya. begitu pula sebaliknya.

Catatan: Jika kata pertama di tweet anda adalah @username, maka tweet anda hanya akan muncul di home page orang yang anda follow. Jika anda menuliskan kata lain sebelum @username, maka tweet anda dapat dilihat oleh siapapun yang mem-follow anda.

7. Direct Message (DM): Direct message atau DM adalah fasilitas twitter yang memungkinkan anda untu menyampaikan pesan yang bersifat privat ke pengguna twitter lain. Fasilitas DM ini hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan kepada follower anda saja.

8. Hashtag: Hashtag adalah sebuah kata atau frase (tanpa spasi) yang dimulai dengan simbol '#'. hastag ini digunakan sebagai keyword untuk dapat dicari dengan mudah berdasarkan topik contohnya #socialmedia, #news, dst.
Hashtag juga banyak digunakan orang untuk mengekspresikan sesuatu. contohnya, 'PLN mati lampu lagi #Boo'

9. Feed: Feed adalah daftar update di twitter. Sebuah list tersusun secara kronologis sehingga update yang terbaru akan berada di posisi paling atas. Dalam homepage anda, dapat dilihat feed berisi tweet dari orang yang anda follow. Feed ini disebut juga dengan Timeline. jika anda membuka profile anda, maka akan terlihat feed yang berisi Tweet dari anda. Jika anad mencari sebuah keyword maka akan terlihat suatu Feed yang mencantumkan keyword tersebut.

Itulah beberapa istilah-istilah di dalam Twitter dan penjelasannya, semoga bermanfaat…..

Sumber: http://www.fanspage-id.com/

5

Anda baru saja selesai membaca artikel di EpulJapanese Blog yang berjudul: Beberapa Istilah dalam Twitter dan Penjelasannya

dengan URL: http://epuljapaneseblog.blogspot.com/2013/01/beberapa-istilah-dalam-twitter.html

Apabila anda menyukai artikel ini atau merasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini di Facebook, Google+ dan Twitter anda dengan meng-klik tombol-tombol Share yang ada diatas postingan ini.

Dapatkan artikel EpulJapanese Blog terbaru langsung ke email anda. Silahkan masukkan alamat email anda:

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Blog Stats

Recent Comments

Copyright © 2010-2012 EpulJapanese Blog | Privacy Policy | Design Free Blogger Template