Cara Mencairkan Dana JHT Jamsostek

Cara Mencairkan Dana JHT Jamsostek

Cara Mencairkan Dana Jamsostek, Syarat-syarat pencairan dana JHT

Mungkin banyak diantara teman-teman semua yang belum tau cara mencairkan dana JAMSOSTEK, nah disini saya akan berbagi pengalaman ketika saya mencairkan dana JHT Jamsostek dan bagaimana caranya, juga apa saja persyaratannya. OK langsung saja ya...

Untuk bisa mencairkan dana Jamsostek, kepesertaan kita di Jamsostek harus 5 tahun dulu dan masa tunggu selama 1 bulan, jadi untuk bisa mencairkan dana Jamsostek yaitu kalau sudah 5 tahun 1 bulan baru bisa dicairkan. Kemudian apa saja persyaratannya?

Yang ditulis di postingan saya ini adalah pengalaman saya ya... mungkin kalau ingin lebih jelasnya silahkan saja pergi ke Kantor Jamsosteknya langsung atau silahkan kunjungi website Jamsosteknya: www.jamsostek.co.id.

Persyaratan-persyaratan untuk mencairkan dana JHT Jamsostek:
1. Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) asli.
2. Kartu Identitas yang masih beralaku (KTP/SIM) asli dan foto copy 1 lembar.
3. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy 1 lembar.
4. Paklaring asli dan foto copy 1 lembar atau Surat pemberhentian kerja dari perusahaan.
5. Surat Keterangan Domisili asli dan foto copy 1 lembar (apabila kita bukan warga asli setempat dengan Kartor Jamsostek tempat kita mencairkan dana JHT nya).
6. Ijazah asli dan foto copy 1 lembar (untuk jaga-jaga apabila dibutuhkan).
7. Foto copy Buku Tabungan kita (apabila dana JHT nya ingin di transferkan.

Sekarang bagaimana proses pencairan dana JHT Jamsosteknya atau apa yang harus kita lakukan:
1. Silahkan datang ke Kantor Jamsosteknya.
2. Menyerahkan berkas-berkas yang diminta atau persyaratan-persyaratan tadi yang disebutkan diatas ke petugas, kemudian kita diberi nomor antrian dan Formulir untuk pencairan dana tersebut.
3. Isi Formulir yang dari petugas tadi, kemudian sesudah kita mengisinya silahkan menunggu dipanggil sesuai nomor antrian. (apabila ada yang kurang mengerti dalam pengisian formulir tersebut, langsung tanyakan saja kepetugas tadi).
4. Setelah dipanggil, silahkan berikan formulir-formulir tadi ke petugas untuk diproses. Tetapi dana Jamsosteknya tidak bisa langsung diterima pada hari itu juga.
5. Dari pada itu kita pasti ditanya oleh petugasnya, (ini pengalaman saya) apakah dana Jamsosteknya mau di transfer atau langsung diambil ke Kantor Jamsosteknya? Kalau mau langsung diambil ke kantor Jamsosteknya prosesnya 5 hari dari penyerahan Formulir-formulir tadi, kalau dan Jamsosteknya mau ditransfer ke rekening kita prosesnya lebih lama lagi sekitar 12 hari. (saya memilih mengambil uangnya langusng ke kantor Jamsosteknya saja karena prosesnya lebih cepat).
6. Setelah kita menyerahkan Formulir-formulir tadi, kita diberi salinan Formulir yang tadi kita isi untuk nanti pengambilan uangnya. Setelah itu kita pulang dan nanti datang lagi ke Kantor Jamsosteknya sesuai hari/tanggal yang ditetapkan. (waktu itu saya menyerahkan formulirnya tanggal 21 Desember 2012, tanggal 26 Desember 2012 sudah bisa diambil)
7. Untuk pengambilan uangnya, kita datang lagi ke Kantor Jamsosteknya dan melapor ke petugas, yang diperlukan untuk pengambilan uang tersebut yaitu salinan Formulirnya dan KTP asli (pengalaman saya), (untuk jaga-jaga, persyaratan-persyaratan yang tadi diatas disebutkan diatas dibawa juga ya).
8. Setelah diserahkan ke petugas, kita menunggu dipanggil lagi untuk menerima uangnya.
9. Apabila uangnya sudah diterima, silahkan pulang dan jangan lupa sodakohnya ya.

Itulah pengalaman saya mencairkan dana JHT Jamsostek pada bulan Desember 2012.
Semoga bermanfaat..... (AS.99)


5

Anda baru saja selesai membaca artikel di EpulJapanese Blog yang berjudul: Cara Mencairkan Dana JHT Jamsostek

dengan URL: http://epuljapaneseblog.blogspot.com/2012/12/cara-mencairkan-dana-jamsostek.html

Apabila anda menyukai artikel ini atau merasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini di Facebook, Google+ dan Twitter anda dengan meng-klik tombol-tombol Share yang ada diatas postingan ini.

Dapatkan artikel EpulJapanese Blog terbaru langsung ke email anda. Silahkan masukkan alamat email anda:

Related Post

0 comments:

Post a Comment

Recent Comments

Followers

Copyright © 2010-2012 EpulJapanese Blog | Privacy Policy | Design Free Blogger Template