PTP24 Banner

Belajar HTML (Part 7): HTML Form

Belajar HTML (Part 7): HTML Form

Belajar HTML (Part 1): HTML Dasar | Belajar HTML (Part 2): HTML Format Teks | Belajar HTML (Part 3): HTML Daftar Urutan | Belajar HTML (Part 4): HTML Tabel | Belajar HTML (Part 5): HTML Gambar | Belajar HTML (Part6): HTML Hyperlink | Belajar HTML (Part 8): HTML Frame

Element Form

Element FORM berfungsi untuk mendefinisikan form interaktif. Element ini mempunyai attribute yaitu action, dan method. Attribute action berisikan aksi terhadap form yang dikirim (URI) dan attribute method berisikan metode form melakukan proses pengiriman(GET/POST).

<form action="action" method="GET"|"POST">
...........................
</form>

Element Input
Element INPUT berfungsi untuk mendefinisikan input yang akan dimasukkan pengguna. Element ini mempunyai attribute yaitu name, size, type, value, checked.
Attribute name mendefinisikan nama dari input kontrol form, attribute size mendefinisikan ukuran teks pada input kontrol, type mendefinisikan bentuk-bentuk input kontrol, value mendefinisikan nilai awal/reset/submit, checked mendefinisikan pilihan terpilih pada type radio/checkbox. Element ini tidak mempunyai tag penutup dan harus berada di dalam element FORM.

<input
name="name"
size="number"
type="text"|"checkbox"|"radio"|"submit"|"reset"
value="value"
checked >

Element Select
Element SELECT berfungsi untuk mendefinisikan opsi pilihan pada form kontrol. Element ini mempunyai attribute yaitu name, size, multiple(diizinkan banyak pilihan). Element ini harus berada di dalam element FORM.

<select
name="name"
size="number"
multiple >
.....................
</select>

Element Option
Element OPTION mendefinisikan opsi pilihan pada menu SELECT. Element ini mempunyai attribute selected, dan value. Attribute selected opsi terpilih dan attribute value berisikan nilai element OPTION.

<option
selected
value="number" >
.....................
</option>

Element Textarea
Element TEXTAREA berfungsi sebagai input kontrol form untuk memasukkan teks lebih dari satu baris. Element ini mempunyai attribute yaitu name, cols, rows. Attribute name mendefinisikan nama input kontrol form element textarea, attribute cols mendefinisikan jumlah kolom textarea yang terlihat, dan attribute rows mendefinisikan jumlah baris textarea yang terlihat. Element ini harus berada di dalam element FORM

<textarea
name="name"
cols="number"
rows="number" >
.....................
</textarea>

* http://hans.polinpdg.ac.id/html/

Anda baru saja selesai membaca artikel di EpulJapanese Blog yang berjudul: Belajar HTML (Part 7): HTML Form

dengan URL: http://epuljapaneseblog.blogspot.com/2010/12/belajar-html-part-7-html-form.html

Apabila anda menyukai artikel ini atau merasa bermanfaat silahkan bagikan artikel ini di Facebook, Google+ dan Twitter anda dengan meng-klik tombol-tombol Share yang ada diatas postingan ini.

Dapatkan artikel EpulJapanese Blog terbaru langsung ke email anda. Silahkan masukkan alamat email anda:

Related Post

2 comments:

Zona Indonesia said...

Nice post ...Informasi dan pencerahannya yang sangat berharga...dan sering lupa... Trims :)

darkxweb said...

nice artikel gan...perbanyak lagi tutornya

Post a Comment

Blog Stats

Recent Comments

Copyright © 2010-2012 EpulJapanese Blog | Privacy Policy | Design Free Blogger Template